SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI MTSN 1 SURAKARTA - SITUS INI MERUPAKAN MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI ANTARA PESERTA DIDIK MAUPUN MASYARAKAT UNTUK MENGETAHUI INFORMASI DAN KEGIATAN-KEGIATAN LEBIH LANJUT YANG DILAKSANAKAN DI SATUAN PENDIDIKAN MTSN 1 SURAKARTA

Entry Meeting Audit Kinerja Madrasah Unggulan MTsN Surakarta 1

0

Entry Meeting Audit Kinerja Madrasah Unggulan MTsN Surakarta 1 digelar pada Selasa (06/09/2022) di ruang digital. Kegiatan dimulai pukul 09.30 – 10.00 diikuti oleh Tim Audit, Kamad, Wakamad, dan bapak ibu panitia. “Sebagai auditor kita tidak akan mencari kesalahan tapi akan membantu dan mendampingi bapak ibu dalam memeriksa seluruh berkas dan instrumen yang diperlukan,”tutur Rofi, Tim Audit.

KEMAMPUAN MENJAGA RESIALIENSI SISWA DENGAN DARING DAN E-LEARNING

0

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjaganya resiliensi siwa kelas IX melalui metode pembelajaran daring dan e-learning. Metode dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data dengan menggunakan dokumentasi yang berupa catatan kelulusan siswa kelas IX siswa MTsN 1 Surakarta pada tahun 2022. Dari data kelulusan siswa menunjukkan siswa MTsN surakarta 1 lulus 100% yang menunjukkan bahwa keberhasilan resiliensi siwa kelas IX melalui metode pembelajaran daring dan e-learning

Kata Kunci : resiliensi, daring dan e-learning

ABSTRACT

This study aims to determine the maintenance of the resilience of class IX students through online learning methods and e-learning. The method in this study was to collect data using documentation in the form of graduation notes for class IX students at MTsN 1 Surakarta in 2022. From the student graduation data it shows that students at MTsN Surakarta 1 passed 100% which shows that the success of the resilience of class IX students through online learning methods and e-learning

Keywords: resilience, online and e-learning

PENDAHULUAN
Dalam mencapai prestasi belajar, siswa banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terjadi disekitar kehidupan, baik yang datang dari kondisi internal siswa itu sendiri maupun lingkungan dimana individu tersebut berada. Beberapa ahli (M. Ngalim Purwanto : 1990, Muhibbin Syah :2006, dan Noeh:1993) mengemukakan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang yaitu faktor yang datang dari diri individu sendiri disebut faktor internal seperti minat, motivasi, bakat, intelegensi, tingkat religiusitas dan spiritualitas siswa sedangkan faktor yang datang dari luar individu atau lingkungan sosial disebut sebagai faktor eksternal seperti keluarga (termasuk status sosial ekonomi orang tua), lingkungan sekitar (dukungan sosial masyarakat), sarana dan prasarana sekolah.
Tekanan yang terjadi dalam kehidupan merupakan proses yang tidak terkecuali dialami oleh semua individu, salah satunya adalah tekanan akibat Pandemi, namun yang membedakan antara individu yang satu dengan lainnya adalah pada keberhasilan individu dalam beradaptasi dengan tekanan-tekanan yang ada. Bagi individu yang mampu beradaptasi dengan baik, mereka akan menghasilkan perfoma-perfoma positif dalam hidupnya, sebaliknya bagi individu yang kurang mampu beradaptasi mereka akan tetap berada dalam kondisi tidak menyenangkan tersebut. Istilah yang menggambarkan kualitas pribadi yang memungkinkan individu dan komunitasnya untuk tumbuh walaupun berada dalam ketidakberuntungan disebut resiliensi (Connor:2006). Resiliensi menurut Richardson, dkk dalam Henderson dan Milstein (2003) merupakan proses mengatasi masalah seperti gangguan, kekacauan, tekanan, atau tantangan hidup, yang pada akhirnya membekali individu dengan perlindungan tambahan dan kemampuan untuk mengatasi masalah sebagai hasil dari situasi yang dihadapikhususnya pada saat pandemi.
Resiliensi tidak hanya dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang, melainkan setiap orang, termasuk remaja. Remaja yang resilien dicirikan sebagai individu yang memiliki kompetensi secara sosial, dengan ketrampilan-ketrampilan hidup seperti: pemecahan masalah, berpikir kritis, kemampuan mengambil inisiatif, kesadaran akan tujuan dan prediksi masa depan yang positif bagi dirinya sendiri. Mereka memiliki minat-minat khusus, tujuan-tujuan yang terarah, dan motivasi untuk berprestasi di sekolah dan dalam kehidupan (Henderson & Milstein, 2003). Umumnya, mereka yang memiliki resiliensi ini terdorong untuk mengatasi keterbatasan mereka. Setiap keterbatasan yang dimiliknya menantang kemampuan anak untuk menghadapi, mengatasi, belajar, serta mengubahnya (Gortberg,1999).
Sementara dalam konteks yang terkait dengan pendidikan, Linquanti (dalam Howard 1999) memberikan definisi resiliensi sebagai kualitas dalam diri anak yang walaupun dihadapkan dengan kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan dalam hidup tidak mengalami kegagalan dalam hal kehidupan akademisnya. Mendukung pernyataan tersebut, Nears (2007) juga menyebutkan bahwa anak yang tidak dapat mengatasi tantangan yang ada dengan efektif akan lebih tidak menyenangi sekolah dan lebih jarang berpartisipasi dalam kegiatan di kelas.
Untuk dapat mengkategorikan anak sebagai anak yang resilien sebelumnya harus terdapat dua kriteria yang harus dipenuhi (Ibeagha dkk, 2004). Pertama, terdapat sebuah keadaan yang merupakan ancaman atau sifatnya berbahaya bagi individu tersebut seperti cacat, kekerasan, kemiskinan, bencana alam, perceraian, dan sebagainya. Kedua, individu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dirinya dengan keadaan tidak menyenangkan tersebut dengan baik.

TINJAUAN PUSTAKA
Istilah resiliensi secara etimologis berasal dari kata latin “resilire” yang artinya melambung kembali. Awalnya istilah ini digunakan dalam konteks fisik atau ilmu fisika. Resiliensi berarti kemampuan untuk pulih kembali dari suatu keadaan, kembali ke bentuk semula setelah dibengkokkan, ditekan, atau diregangkan. Bila digunakan sebagai istilah psikologi, resiliensi adalah kemampuan manusia untuk cepat pulih kembali dari perubahan, sakit, kemalangan, atau kesulitan (the Resiliency Center 2005). Sejumlah ahli yang berbicara tentang resiliensi mengemukakan berbagai definisi dari resiliensi sebagai berikut:
Benard (2004) mendefinisikan resiliensi sebagai kualitas atau karakteristik individual yang berkaitan dengan perkembangan positif dan kesuksesan dalam individu tersebut.
Sementara Grotberg dalam Desmita (2006) Resiliensi adalah kemampuan atau kapasitas insani yang dimiliki seseorang, kelompok atau masyarakat yang memungkinkannya untuk menghadapi, mencegah, meminimalkan dan bahkan menghilangkan dampak-dampak yang merugikan dari kondisi-kondisi yang tidak menyenangkan, atau bahkan mengubah kondisi kehidupan yang menyengsarakan menjadi suatu hal yang wajar untuk diatasi.
Resiliensi menurut Richardson, dkk dalam Henderson dan Milstein (2003) merupakan proses mengatasi masalah seperti gangguan, kekacauan, tekanan, atau tantangan hidup, yang pada akhirnya membekali individu dengan perlindungan tambahan dan kemampuan untuk mengatasi masalah sebagai hasil dari situasi yang di hadapi.
Al Siebert (2005) mengatakan bahwa resiliensi merupakan kemampuan untuk mengatasi perubahan yang terjadi, mempertahankan energi , bangkit kembali dari kemunduran, dan merubah cara baru dalam pekerjaan dan kehidupan ketika cara lama tidak mungkin digunakan kembali.
Berdasarkan beberapa definisi di atas maka dalam penelitian ini resiliensi dapat diartikan sebagai suatu kemapuan individu untuk bangkit kembali dari kondisi-kondisi yang tidak menguntungkan atau tekanan-tekanan hidup dengan melakukan hal-hal positif untuk merubah keadaan yang tidak menyenangkan tersebut menjadi sebuah kesuksesan
Sekarang ini, daring dan luring menjadi istilah yang sering dijumpai, terutama berkaitan dengan tema pembelajaran di masa pandemi. Daring merupakan singkatan atau akronim dari dalam jaringan, sedangkan luring merupakan akronim dari luar jaringan. Dalam KBBI dijelaskan bahwa daring berarti terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya; sedangkan luring berarti terputus dari jejaring komputer. Bahasa lain yang mungkin lebih banyak digunakan sebagai penyebutan pembelajaran daring adalah pembelajaran online. Sebelumnya kita mungkin mengenal pembelajaran digital sebagai bentuk pembelajaran awal yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pembelajaran daring memiliki cakupan yang lebih luas dalam memanfaatkan TIK, tidak hanya sebatas digitalisasi materi maupun media pembelajaran, namun juga mencakup komunikasi dan interaksi antar unsur-unsur dalam KBM menggunakan TIK. Internet memiliki peranan penting dalam konteks daring, sebagai media penghubung yang menyalurkan informasi. Pembelajaran daring biasanya akan mengkombinasikan penggunaan aplikasi maupun sistem yang saat ini banyak digunakan, misalnya penggunaan Learning Management System (LMS) seperti Moodle sebagai portal untuk mengakses materi ajar dan berinteraksi antara guru dan peserta didik; penggunaan aplikasi pertemuan seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, dll. untuk merealisasikan kelas daring; penggunaan aplikasi chat atau messaging untuk bertukar pendapat, berdiskusi, menyampaikan pengumuman, maupun berkoordinasi; dan lain sebagainya.

METODOLOGI PENELITIAN
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN Surakarta 1 yang berjumlah 306 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah layanan daring Layanan dan Elearning Madrasah dengan materi menggunakan media hp dan laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet.
Penelitian dilakukan dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu terhadap variasi aplikasi daring dan menentukan aspek yang akan diamati dalam penerapannya. Aspek yang diamati dalam penerapan mencakup Penyelesaian seluruh pembelajaran, lulus dengan nilai kriteria yang di tetapkan madrasah, mengikuti semua ujian, memperoleh nilai baik pada penilaian sikap dan prilaku baik sosial maupun spiritual untuk program tahfidz mengikuti ujian tahfidz dan dinatakan lulus.`
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mengacu pada Surat keputusan kepala madrasah Tsanawiyah negeri 1 surakata tentang penetapan kriteria kelulusan peserta didik pada tahun 2022

DAFTAR PUSTAKA
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: https://kbbi.kemdikbud.go.id
Pengaruh resiliansi terhadap prestasi belajar
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1232/1/MASDIANAH-FPS.pdf
Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran. 2020. Apa itu pembelajaram?. UNIDA. https://unida.ac.id/pembelajaran/artikel/apa-itu-pembelajaran.html
Perpusnas.go.id2021

Program TQ dan Boarding MTsN Surakarta 1 Menjadi Daya Tarik MTsN 7 Klaten

0

Surakarta- MTsN Surakarta 1 mendapat kunjungan dari MTsN 7 Klaten pada Kamis (28/07/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding Program Tahfidzul Quran (TQ) dan Boarding. Dalam kunjungan tersebut diikuti oleh 12 guru pendamping dan 60 siswa dari MTsN 7 Klaten dan diterima oleh Kamad, Wakamad, KTU, dan pengelola Program TQ dan boarding. Studi banding berlangsung dari pukul 09.00 – 11.00 bertempat di aula gedung 1 MTsN Surakarta 1.
Kegiatan studi banding dibuka dengan pembacaan ayat QS. Ali Imran: 103-105 oleh ustadzah Inayatun Laila khusnaini dilanjutkan sambutan dari Kepala MTsN 7 Klaten yang diwakili oleh Waka Humas, Bapak Ahmad, S.Pd. “Tujuan kami ke sini untuk mengetahui daya kelola Program TQ dan boarding yang ada di MTsN Surakarta 1. Perlu kami sampaikan di madrasah kami sudah ada program TQ tetapi belum ada boardingnya. Kami ingin ngangsu kawruh tentang hal tersebut, “ujar Ahmad, saat memberikan sambutan. Ahmad juga menyampaikan bahwa siswa yang ikut dalam studi banding adalah siswa kelas 8 dan 9 Program TQ. “Semoga dengan studi banding ini dapat menambah wawasan dan pengalaman kami dalam mengelola Program TQ dan Boarding. Selain hal tersebut kami juga berharap, ilmu yang kami dapatkan dari MTsN Surakarta 1 dapat kami terapkan di madrasah kami, “tambah Ahmad.
Setelah sambutan dari Kepala MTsN 7 Klaten dilanjutkan sambutan dari Kepala MTsN surakarta 1. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Awal berdirinya Program TQ di MTsN Surakarta 1 bermula dari banyaknya pendaftar Pogram Khusus yang tidak diterima tapi ketika kami lihat nilainya masih bagus-bagus, akhirnya kami memutuskan untuk membuka Program TQ untuk anak-anak yang tidak diterima tersebut tapi nilainya masih memenuhi kriteria. Alhamdulillah beberapa anak Program TQ angkatan pertama kemarin silaturohim ke madrasah. Mereka menyampaikan telah diterima di beberapa Universitas ternama sepert, ITB, UNS, UGM dan UIN Surakarta, “papar Nurul, Kamad.
Seluruh pendamping dan siswa dari MTsN mengikuti kegiatan dengan antusias dan semangat. Setelah pemamaparan program madrasah dan wakakur dan pemaparan Program TQ serta asrama oleh Wakahumas dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Tidak hanya pendamping yang menanyakan pengelolaan boarding tetapi beberpa siswa juga bertanya tentang teknik menghafal Alquram. “Perkenalkan nama saya Hasna dari Kelas 9A. Saya akan menanyakan bagaimana cara menghafal Alquran dengan cepat dan mudah, “tanya Hasna. Mendengar pertanyaan tersebut Ustaz Budi Santosa sebagai Koordinator Program Tahfidz menjelaskan bahwa ada beberapa metode yang bisa digunakan. “Untuk menghafal Alquran dengan cepat dan mudah ada beberapa cara. Salah satunya dengan menulis ayat yang kita hafalkan, “jawab Budi Santosa. Kegiatan ditutup dengan penyerahan tali asih dan kunjungan ke boarding Baitul Hikmah dan foto bersama. (Tim Jurnalis/ Diana)

Pramuka MTsN Surakarta 1 Juara Umum di Ajang LK2PP XVI Racana UIN Surakarta 2022

0

Pramuka MTsN Surakarta 1 Juara Umum di Ajang LK2PP XVI Racana UIN Surakarta 2022

 

Surakarta-Pramuka MTsN Surakarta 1 (Pramatsa)  kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dengan menjadi juara umum di ajang Lomba Kecerdasan dan Ketangkasan Pramuka Penggalang  Penegak (LK2PP) XIV Racana Raden Mas Said Nyi Ageng Serang  UIN Surakarta. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 28 Juni-1 Juli 2022 dandiumumkan pada Kamis (07/07/2022) secara daring. Dalam ajang ini ada 4 cabang lomba yaitu Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP), Lomba Scout Dance (LSD), Lomba PBB, dan Lomba Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Prmatsa berhasil meraih juara 1 di ajang LCTP, juara 1 LSD, juara 2 PBB, dan juara 1 ILM hingga meraih jura umum Penggalang di ajang tersebut.

Dalam kegiatan tersebut Pramatsa mengirim 10 anggotanya untuk mengikuti 4 cabang lomba. Sepuluh anggota tersebut atas nama Afyar Nur Azizah A (8A) untuk PBB dan ILM, Adrian Rizky Gumelar (8A)  PBB dan LSD, Nabila Fatikasari (8A) PBB dan LCTP, Sevita Cahya Ramadhani (8A) PBB dan ILM, Orlando Harlan (8B) PBB dan LSD, Ayannaa Hera C.H.J (8B) PBB dan LSD, Aldimas Rafi Gamaditya (8PK3) PBB dan LSD, Nafisah Shafna Putri (8PK3) PBB dan LCTP, Humairah Nur Azizah (8FD2) PBB dan LCTP, Muh. Nur Ridwan (8FD2) PBB dan LSD. “Awalnya, untuk memilih 10 peserta tersebut, pembimbing merasa kesulitan. Ada beberapa anggota yang tidak diizinkan orang tua untuk ikut lomba, karena pada waktu seleksi bersamaan dengan waktu diadakannya Penilaian Akhir Tahun (PAT),”tutur Nabila Fatikasari, Anggota Pramatsa. Nabila juga menyampaikan bahwa orang tua takut kalau kegitan tersebut menganggu konsentrasi belajar.

Raihan prestasi luar biasa dan tiada henti dipersembahkan Pramatsa ini tentu tidak mudah dan perlu perjuangan. Sebelumnya Pramatsa juga berhasil meraih juara umum di ajang Wijaya Scout Competitin 2022 yang diselenggarakan Universitas Negeri Semarang (UNNES) Hampir setiap hari anggota Pramatsarajin latihan. Meskipun libur akhir tahun mereka tetap latihan di madrasah. “Libur bukan berarti santai-santai. Libur bagi Pramatsa merupakan waktu yang sangat berharga karena kami bisa konsentrasi dalam latihan lomba. Alhamdulillah kami sebagai pembina sangat bersyukur melihat semangat Pramatsa yang luar biasa. Anak-anak tidak kenal panas maupun lelah untuk latihan,” tutur Rohas, Pembina Pramuka. Rohas juga sangat bersyukur atas semangat, kerja keras, dan kerja sama yang luar biasa di antara anggota, pembimbing, dan pembina untuk menyiapkan setiap lomba.

Untuk cabang Scout Dance, PBB, dan ILM dilakukan dengan membuat video dan dikirim ke panitia paling lambat tanggal 15 Juni 2022. Untuk lomba LCPT dilakukan melalui zoom meeting. “Ada beberapa hal yang harus disiapkan saat latihan  yaitu kekompakan, mental, gerakan untuk scout dance, konsep dan naskah untuk ILM, serta mengganti beberapa variasi gerakan untuk PBB. Setiap hari tanpa mengenal lelah, Pramatsa latihan untuk mempersiapkan hal tersebut. “Saling menghargai dan mengerti antar teman, juga jangan lupa untuk percaya dengan kemampuan teman satu tim,” jawab Nabila Fatikasari saat ditanyai tentang cara membangun kerjasama tim yang baik.

“Bangga sekali. Anak-anak Pramatsa memang luar biasa. Dengan kerja keras, semangat dan dengan kerjasama yang kuat maka JUARA jawabannya,” begitu tanggapan dari Nurul Qomariyah, Kamad.(Tim Jurnalis/Diana)

 

 

 

 

 

 

Pramatsa Juara Umum di Wijaya Scout Competition 2022

0

Pramatsa Juara Umum di Wijaya Scout Competition 2022

 

Surakarta-Pramuka MTsN Surakarta 1 (Pramatsa) berhasil menjadi juara umum di Ajang Wijaya Scout Competition (WSC) 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri semarang (UNNES). Lomba tersebut digelar secara daring di pangkalan MTsN Surakarta 1 pada Sabtu (18/06/2022). Dalam WSC terdapat 2 cabang lomba yaitu cipta baca puisi dan iklan layanan masyarakat.

Pramatsa mengirim 2 tim utuk mengikuti WSC. Setiap tim terdiri dari tim putra dan putri. Tim 1 putri untuk cabang lomba cipta baca puisi diwakili oleh Nabila Asma Dzakiyah (kelas 9 FD2) menduduki juara 1 dan  Zhahfran Zaidan Safa (kelas 8A) dari tim 1 putra menduduki juara 2. Tim 1 putri untuk cabang lomba Iklan layanan masyarakat terdiri dari 3 orang Nashira Bilqis (kelas 9 PK2), Nafisa Nailal Husna (kelas 9 PK3) dan Syafana Sherly Romadhona (kelas 9A) menduduki juara 1 dan tim putra yang terdiri dari Hayyunefin Maaris (kelas 9PK2), Maulana Arkan (kelas 9PK2) dan Farrrel Ahmad (kelas 7TQ) menduduki juara 2. Tim 2 putra  untuk cabang lomba iklan layanan masyarakat  yang terdiri dari Gagah Zakya (kelas 7S4) Haqi Ulinuha 7S3, dan Esa Maulana (kelas 7S2) menduduki juara 1. Dari 2 cabang lomba  dari kategori putra dan putri ada 5 capaian  yang dapat diraih oleh Tim Pramatsa sehingga mengantarkan Pramatsa menduduki juara umum.

Untuk mendapatkan capaian prestasi yang luar biasa ini memerlukan kerjasama yang luar biasa antar anggota tim. Persiapan dan latihan dilakukan hampir setiap hari menjelang babak penyisihan pada tanggal 14 Juni 2022. Pada babak penyisihan ini Tim 1 dan 2 baik putra dan putri masuk ke babak final semua. Babak final berlangsung pada tanggal 18 Juni 2022 dengan cara presentasi secara daring. “Dalam kerja tim kita saling suport dan memberi kepercayaan pada tiap anggota. Kita juga berusaha menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri agar dapat menampilkan yang terbaik saat presentasi,”jawab Fathya Khanza Andini, Peserta lomba. “Rasa senang dan bangga dapat terpilih untuk mengikuti lomba ini, karena saat seleksi harus menyisihkan sekian banyak anggota Dewan Penggalang yang lain,”tambah Fathya.

Tidak hanya Tim Pramatsa yng mempunyai semangat yang luar biasa dalam mempersiapakan lomba tahunan ini, tetapi Pembina dan Pendamping lomba juga tak ketinggalan. Pembina Pramatsa dengan semangat dan telaten membimbing Tim Pramatsa. Pembina memberi arahan dan masukan agar konten dalam lomba Iklan layanan masyarakat dikemas dengan menarik dan pesannya tersampaikan. “Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang mereka hadapi,”jelas Nirmala, Pembina Pramatsa. Nirmala juga menyampaikan Tim Pramatsa yang sudah terpilih untuk mewakili lomba berusaha mengikuti lomba dengan sebaik-baiknya agar dapat memenangkan lomba tersebut. “Alhamdulillah hasil tidak mengkhianati usaha, Tim Pramatsa meraih juara umum,’tutur Nirmala.

“Jangan cepat puas dengan hasil yang sudah diraih. Terus berusaha dan terus belajar untuk meraih yang terbaik. Capaian luar biasa ini, saya harap dapat memotivasi Tim Pramatsa untuk lomba-lomba selanjutnya. Terima kasih untuk Tim Pramatsa yang luar biasa. Terima kasih karena juara umum WSC tahun ini dapat kita peroleh kembali. Terima kasih Pramatsa yang selalu berjaya,”ungkap nurul Qomariyah, Kamad. (Tim Jurnalis/ Diana).

 

 

MTs Berbangga

0

Profil alumni kali ini adalah  Irsyad Muhammad Aziz  lulusan tahun 2018 , yang mendapatan Beasiswa YTB diGazi University Jurusan Fisika Ankara Turki

Banyak Harapan di Seleksi PPDB Reguler MTsN Surakarta 1

0

Banyak Harapan di Seleksi PPDB Reguler MTsN Surakarta 1

 

 

Surakarta-MTsN Surakarta 1 menggelar seleksi PPDB tahap 2 Program Reguler pada Minggu (12/06/2022). Kegiatan ini berlangsung dari pukul 07.30 – 11.00 bertempat di seluruh lantai 2 gedung 1 MTsN Surakarta 1. Pendaftaran Program reguler ini dimulai dari 4-10 Juni 2022 secara daring dan luring. Hasil seleksi akan diumumkan pada 15 Juni 2022. Sebanyak 346 peserta seleksi memperebutkan 128 kursi di kelas reguler.Rangkaian kegiatan PPDB tahap 2 ini akan diakhiri pada tanggal 18 Juni 2022 dengan kegiatan .

 

Seleksi PPDB tahap 2 ini terdiri dari 2 tes. Tes pertama dimulai pukul 07.30 – 09.30 untuk mapel akademik yang terdiri dari Bahasa Indonesia, IPA, dan Matematika. Tes kedua dimulai pukul 10.00 -11.00 dengan mata uji Baca Tulis Alquran. “Sejumlah 346 peserta seleksi terbagi ke dalam 16 ruang tes yang semuanya berada di lantai 2. Setiap ruang dijaga oleh 1 orang pengawas,”jelas Joko Susilo, Panitia PPDB. Joko berharap semua peserta datang tepat waktu mengikuti tes sesuai jadwal.

 

Seluruh panitia PPDB tahap 2 berusaha mempersiapkan kegiatan ini sebaik mungkin. Pada waktu mendaftar, panitia sudah memberikan penjelasan dan pengarahan pada calon siswa maupun calon wali siswa untuk memperhatikan jadwal pelaksanaan seleksi. “Padahal, semuanya sudah tertulis dalam nomor tes, apakah itu membawa makanan, pensil, penghapus, dan sebagainya. Namun, tetap saja ada beberapa anak yang tidak membawa peralatan tulis saat tes seleksi. Contohnya, tidak membawa pensil 2B dan penghapus,” tutur Edi Hartanto, Ketua Panitia PPDB.

 

Animo masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di MTsN Surakarta 1 ternyata cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan kenaikan jumlah pendaftar pada tahun ini. “Alhamdulillah MTsN Surakarta 1 ternyata masih menjadi madrasah pilihan untuk warga Solo Raya dan sekitarnya. Kami segenap civitas akademika MTsN Surakarta 1 berusaha melaksanakan seleksi ini sebaik-baiknya dengan menjunjung integritas. Semoga dengan cara seperti itu dapat menjaring siswa yang kompeten, sholih-sholihah, mental yang kuat, dan memiliki talenta-talenta yang luar biasa baik di bidang akademik maupun nonakademik,”harap Nurul Qomariyah, Kepala Madrasah. Nurul juga berharap bahwa siswa yang masuk seleksi dapat membawa MTsN Surakarta 1 menjadi madrasah yang hebat dan bermartabat.

 

Peserta seleksi PPDB tahap 2 mengikuti tes dengan penuh harap. Mereka berharap bisa lolos dan bergabung di MTsN Surakarta 1.“Soalnya lumayan susah. Tapi, insyaa Allah bisalah,” ujar Afrianto, Peserta seleksi dari SD Djama’atul Ichwan Program Utama. Lain lagi pendapat peserta seleksi dari SD Al Islam, Adhelia Calista Putri. Menurut Adhelia tesnya mudah dan ia merasa bisa mengerjakan. “Bismillah, semoga tes yang saya kerjakan mendapatkan hasil terbaik  dan saya dapat bergabung di madrasahnya para juara.” (Tim Jurnalis)

 

 

 

 

 

 

Pendapat dari beberapa peserta yang mengikuti seleksi PPDB Program Reguler Tahun Ajaran 2022/2023, rata-rata adalah sedikit sulit, namun ada juga yang mengatakan mudah.

 

“Senang, karena terasa seperti ujian pada umumnya, dan ujiannya terasa lumayan sedikit susah”, ujar Quinsha yang merupakan peserta PPDB Program Reguler Tahun Ajaran 2022/2023 dari MIN Surakarta

 

” Perasaan saya saat menyelesaikan tes ga gimana gimana, tapi soalnya sedikit susah”, ujar Alviano yang juga merupakan peserta PPDB Program Reguler Tahun Ajaran 2022/2023, yang berasal dari SD Djama’atul Ichwan program utama.

 

“Rasanya plong dan lebih gampang dari yang kemarin”, itulah yang dikatakan Adhelia Calista Putri, salah satu peserta PPDB Program Reguler tahun ajaran 2022/2023 yang berasal dari SD Al-Islam.

 

 

(Anisa/Auryn)

Siswa MTsN Surakarta 1 Raih Bronze Medal di Ajang KOSSMI 2022

0

 Siswa MTsN Surakarta 1 Raih Bronze Medal di Ajang KOSSMI 2022

 

Surakarta-Tiga siswa MTsN Surakarta 1 mengikuti final Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) 2022. Ketiga siswa tersebut adalah Daniswara Aryasuta Hariadi (8PK1), Jasmine Az Zahra (9PK2) pada bidang IPA serta Naufa Lathifa (8PK1) pada bidang IPS. Kegiatan tersebut digelar di Universitas Al-Azhar pada Sabtu-Minggu (4-5/06/2022). Daniswara Aryasuta Hariadi berhasil meraih medali perunggu untuk mapel IPA.

Kegiatan yang digelar secara luring tersebut berlangsung pada hari Sabtu (04/06/2022) pada pukul 08.00-11.00 WIB. Ketiga siswa MTsN Surakarta 1 berusaha  dengan gigih dan semangat mengerjakan soal di babak final. “Bismillah semoga dengan doa dan usaha yang sungguh-sungguh dapat memberikan hasil yang terbaik untuk madrasah kita tercinta, “harap Joko Susilo, Pendamping lomba. Selain bertugas mendampingi, Joko juga memberikan bimbingan, motivasi, semangat dan arahan pada anak-anak dalam mengikuti final. “Alhamdulillah meskipun final digelar di Jakarta dan berjauhan dengan orang tua, anak-anak gampang diatur dan nurut ketika diberi arahan, “tambah Joko.

“KOSSMI ini merupakan wahana yang sangat bagus bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains. Saya juga berharap dengan adanya KOSSMI ini menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat dan memotivasi siswa MTsN Surakarta 1 untuk terus meningkatkan kemapuan intelektualnya, “tutur Nurul Qomariyah, Kamad. “Apresiasi yang luar biasa untuk anak-anakku peserta KOSSMI, juga untuk para bapak ibu guru pembimbing dan pendamping. Alhamdulilah, kita dapat mencapai prestasi nasional ini. Untuk anak-anakku yang belum berhasil tetap semangat dan terus berjuang untuk kompetisi berikutnya, “pesan Nurul.

“Pengalaman yang sangat berharga dan kesempatan yang luar biasa untuk ikut final KOSSMI ini. Menurut saya, sering ikut kompetisi ataupun olimpiade membuat kemapuan saya semakin terasah. Kita tidak boleh cepat puas dengan prestasi atau capaian yang sudah kita peroleh. Jika hari ini hasil yang kita dapatkan belum maksimal atau belum sesuai target maka kita harus lebih gigih dan semangat untuk belajar dan terus belajar, “papar Daniswara, Peserta KOSSMI. “Alhamdulillah saya bisa masuk final, meskipun belum berhasil. Kegalalan hari ini adalah jembatan menuju kesuksesan di hari depan. Terus belajar dan belajar. Berusaha untuk terus mengasah kemampuan agar lebih baik lagi. Terima kasih pada bapak ibu guru yang telah membimbing dan mendampingi kami, semoga di kompetisi berikutnya kami bisa memberikan hasil terbaik, “harap Jasmine Az  Zahra.

MTsN Surakarta 1 selalu mendukung penuh dan memfasilitasi peserta didiknya dalam mengikuti kompetisi atau lomba apapun. Apalagi ajang KOSSMI merupakan ajang yang bertaraf nasional dan bergengsi untuk siswa muslim se-Indonesia. “ Dari babak penyisihan, semifinal hungga final yang bertempat di Universitas Al Azhar pihak madrasah mendampingi dan memfasilitasi peserta KOSSMI. Kami adakan bimbingan di madrasah, kemudian kami fasilitasi peserta KOSSMI hingga ke Jakarta. Kami berusaha memberikan pendampingan terbaik untuk anak-anak yang berprestasi. Semoga prestasi ini membuat madarasah kita menjadi madrasah yang unggul, madrasah yang selalu mencetak para juara. (Diana/Asih)

 

 

Selamat Menempuh PAT Kelas VII dan VIII MTsN Surakarta 1

0

Pelaksanaan PAT Kelas VII dan Kelas VIII dilaksanakan pada Tanggal 30 Mei -07 Juni 2022

Semoga diberikan kemudahan dan Kelancaran.

Manasik Haji dan Wisata Edukasi

0

Manasik Haji dan Wisata Edukasi

 

Surakarata- MTsN 1 Surakarta menggelar manasik haji di Fatimah Az-Zahra Gunung Pati, Semarang pada Rabu (25/05/2022). Kegiatan yang sedianya diikuti oleh seluruh siswa kelas 8  yang  berjumlah 308 ini, akhirnya hanya dapat diikuti 304 siswa, karena 3 siswa mengikuti semifinal Olimpiade Piala Hasri Ainun Habibie dan 1 siswa sedang sakit. Sehingga siswa yang berangkat  menjadi 304 orang dan  dibagi menjadi 11 regu.

Rombongan siswa yang mengikuti kegiatan manasik haji diberangkat dari MTsN Surakarta 1 pada pukul 06.30. Sebelum diberangkatkan, Siswa kelas 8 mendapat pengarahan dari panitia dan motivasi dari Kepala Madrasah. “Ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Meskipun materi tentang haji sudah diberikan secara teori tapi perlu adanya peningkatan pemahaman dengan praktik. Semoga kegiatan manasik haji ini dapat meningkatkan pemahaman dan ketrampilan kalian terhadap ibadah haji, “pesan Nurul Qomariyah, Kamad. Beliau juga berpesan pada peserta manasik untuk mengikuti kegiatan dengan tertib dan dsiplin supaya kegiatan berjalan lancar.

Pembina manasik haji dan pendamping adalah seluruh  wali kelas 8 beserta guru PAI MTsN 1 Surakarta. Panitia kegiatan manasik haji sudah melakukan berbagai persiapan agar kegiatan berjalan lancar. “Salah satu persiapan yang dilakukan adalah mengadakan geladi bersih. Geladi bersih kami adakan sehari sebelum berangkat ke Fatimah az Zahra yaitu  pada Selasa (24/05/2022),“papar Sri Innayati, Panitia Manasik Haji. “Geladi bersih yang digelar di halaman madrasah dimulai sekitar pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB. Sebelum geladi bersih, peserta sudah mendapatkan teori tentang haji, baju ihram, dan buku manasik haji.“ tambah Innayati.

Kegiatan pertama yang dilakukan peserta adalah persiapan menggunakan baju ihram. Kegiatan kedua perjalanan menuju Ka”bah dilanjutkan Towaf sebanyak 7 kali. Kegiatan keempat melambaikan tangan dan mencium HajarAswad (kalau bisa) dilanjutkan dengan salat di makam Ibrahim 2 rekaat kemudian minum air zam-zam. Seluruh kegiatan manasik dipraktikkan hingga kegiatan terakhir yaitu perjalanan menuju Masjid Nabawi.

Setelah rangkain kegiatan manasik haji di Fatimah Az Zahra selesai peserta dibawa ke Masjid Agung Semarang untuk salat Dhuhur dan Ashar serta menikmati keindahan Masjid Agung Semarang pada pukul 12.00. “Peserta manasik kita ajak salat ke Masjid Agung Semarang. Setelah selesai salat peserta dapat menikmati keindahan Masjid Agung Semarang, “tutur Joko Susilo, Panitia Manasik. “Selain terkenal kemegahannya masjid ini juga berukuran sangat luas karena dapat menampung lebih dari 15 ribu jamaah. Masjid ini memiliki fasilitas lengkap seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, ruang akad nikad,   museum  tentang perkembangan Islam dan menara serta payung hidrolik yang indah. Tempat ini tidak sekedar untuk ibadah, tapi juga untuk wisata edukasi religi. Sekali  merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Ya manasik, ya wisata sambil menambah wawasan, “tambah Joko Susilo.

Peserta manasik mengikuti seluruh rangkaian kegiatan manasik dengan tertib dan gembira. Selama pandemi, kegiatan pembelajaran praktik di luar madrasah ditiadakan. “Alhamdulillah kegiatan manasik ini dapat terlaksana lagi setelah 2 tahun ditiadakan, “ujar Rasdiyana, Wali Kelas 8 PK1. “Semoga semua peserta  dan pendamping tetap diberikan kesehatan setelah kegiatan ini, “harap Rasdiyana. (Rani-Kidung/Diana)