Pramuka MTsN Surakarta 1 Juara Umum di Ajang LK2PP XVI Racana UIN Surakarta 2022

 

Surakarta-Pramuka MTsN Surakarta 1 (Pramatsa)  kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dengan menjadi juara umum di ajang Lomba Kecerdasan dan Ketangkasan Pramuka Penggalang  Penegak (LK2PP) XIV Racana Raden Mas Said Nyi Ageng Serang  UIN Surakarta. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 28 Juni-1 Juli 2022 dandiumumkan pada Kamis (07/07/2022) secara daring. Dalam ajang ini ada 4 cabang lomba yaitu Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP), Lomba Scout Dance (LSD), Lomba PBB, dan Lomba Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Prmatsa berhasil meraih juara 1 di ajang LCTP, juara 1 LSD, juara 2 PBB, dan juara 1 ILM hingga meraih jura umum Penggalang di ajang tersebut.

Dalam kegiatan tersebut Pramatsa mengirim 10 anggotanya untuk mengikuti 4 cabang lomba. Sepuluh anggota tersebut atas nama Afyar Nur Azizah A (8A) untuk PBB dan ILM, Adrian Rizky Gumelar (8A)  PBB dan LSD, Nabila Fatikasari (8A) PBB dan LCTP, Sevita Cahya Ramadhani (8A) PBB dan ILM, Orlando Harlan (8B) PBB dan LSD, Ayannaa Hera C.H.J (8B) PBB dan LSD, Aldimas Rafi Gamaditya (8PK3) PBB dan LSD, Nafisah Shafna Putri (8PK3) PBB dan LCTP, Humairah Nur Azizah (8FD2) PBB dan LCTP, Muh. Nur Ridwan (8FD2) PBB dan LSD. “Awalnya, untuk memilih 10 peserta tersebut, pembimbing merasa kesulitan. Ada beberapa anggota yang tidak diizinkan orang tua untuk ikut lomba, karena pada waktu seleksi bersamaan dengan waktu diadakannya Penilaian Akhir Tahun (PAT),”tutur Nabila Fatikasari, Anggota Pramatsa. Nabila juga menyampaikan bahwa orang tua takut kalau kegitan tersebut menganggu konsentrasi belajar.

Raihan prestasi luar biasa dan tiada henti dipersembahkan Pramatsa ini tentu tidak mudah dan perlu perjuangan. Sebelumnya Pramatsa juga berhasil meraih juara umum di ajang Wijaya Scout Competitin 2022 yang diselenggarakan Universitas Negeri Semarang (UNNES) Hampir setiap hari anggota Pramatsarajin latihan. Meskipun libur akhir tahun mereka tetap latihan di madrasah. “Libur bukan berarti santai-santai. Libur bagi Pramatsa merupakan waktu yang sangat berharga karena kami bisa konsentrasi dalam latihan lomba. Alhamdulillah kami sebagai pembina sangat bersyukur melihat semangat Pramatsa yang luar biasa. Anak-anak tidak kenal panas maupun lelah untuk latihan,” tutur Rohas, Pembina Pramuka. Rohas juga sangat bersyukur atas semangat, kerja keras, dan kerja sama yang luar biasa di antara anggota, pembimbing, dan pembina untuk menyiapkan setiap lomba.

Untuk cabang Scout Dance, PBB, dan ILM dilakukan dengan membuat video dan dikirim ke panitia paling lambat tanggal 15 Juni 2022. Untuk lomba LCPT dilakukan melalui zoom meeting. “Ada beberapa hal yang harus disiapkan saat latihan  yaitu kekompakan, mental, gerakan untuk scout dance, konsep dan naskah untuk ILM, serta mengganti beberapa variasi gerakan untuk PBB. Setiap hari tanpa mengenal lelah, Pramatsa latihan untuk mempersiapkan hal tersebut. “Saling menghargai dan mengerti antar teman, juga jangan lupa untuk percaya dengan kemampuan teman satu tim,” jawab Nabila Fatikasari saat ditanyai tentang cara membangun kerjasama tim yang baik.

“Bangga sekali. Anak-anak Pramatsa memang luar biasa. Dengan kerja keras, semangat dan dengan kerjasama yang kuat maka JUARA jawabannya,” begitu tanggapan dari Nurul Qomariyah, Kamad.(Tim Jurnalis/Diana)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here