header-int

Workshop PKG dan PKB Tingkatkan Profesionalitas Guru

Senin, 30 Nov 2020, 21:29:42 WIB - 96 View
Share
Workshop PKG dan PKB Tingkatkan Profesionalitas Guru

Workshop PKG dan PKB Tingkatkan Profesionalitas Guru

Surakarta-MTsN Surakarta 1 menggelar workshop di Hotel Syariah Sukoharjo pada Sabtu (28/11/2020). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh bapak ibu guru dan pegawai MTsN Surakarta 1. Workshop bertajuk “Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) dalam Masa Pandemi Covid 19” ini dibuka oleh Kepala MTsN Surakarta 1. “Alhamdulillah workshop ini bisa terselenggara meskipun kita sedang berada dalam kondisi pandemi Covid-19. Saya mohon bapak ibu guru selalu menerapkan protokol kesehatan di manapun bapak ibu guru berada,” tutur Kirno Suwanto dalam sambutannya. “Workshop ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bapak ibu guru MTsN Surakarta 1,”tambah Kirno.

            Workshop yang digelar di hotel Syariah tersebut juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas Harian Kantor Kementerian Agama Kota, Drs. Rosyid Ali Safitri,M.M. Beliau menyampaikan materi Kebijakan Kementerian Agama dalam Peningkatan Profesi Guru Madrasah.“Guru adalah komponen pendidikan yang paling utama. Walaupun tidak ada komponen yang lainnya, kalau sudah ada guru dan murid kegiatan pendidikan akan berjalan.Atas dasar  hal tersebut, peningkatan pendidikan selalu berawal dari peningkatan kompetensi guru agar menjadi tenaga profesional yang ditandai oleh keunggulan kompetensi akademik, pedagogik, kepribadian dan sosial. Semoga dengan adanya workshop ini dapat menambah kompetensi bapak ibu guru MTsN Surakarta 1,”harap Rosyid.

            Materi inti kegiatan ini disampaikan oleh Drs. Muhroji Arifin, S.Ag. M.Pd. dari Balai Diklat Keagamaan Semarang. “Seorang guru harus selalu berinovasi dan mengembangkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan profesionalitas. PKB dilaksanakan sebagai upaya untuk mewujudkan guru yang profesional, bermartabat, dan sejahtera. Hal ini dimaksudkan untuk meningkaktan kualitas layanan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan di madrasah,” papar Muhroji.

Peserta workshop mengikuti kegiatan ini dengan antusias. “Menurut saya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat. Selain memotivasi kita untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional, juga membantu guru ASN untuk proses kenaikan pangkat,” tutur Rais Hidayat, Tim Kurikulum. Sofariyatun, S.Pd, Guru PKn juga menyampaikan bahwa workshop PKG dan PKB bermanfaat untuk memberikan informasi mengenai hal-hal yang harus dilakukan seorang guru untuk pengembangan diri. “Workshop ini sangat penting untuk kenaikan pangkat dan peningkatan kompetensi, memacu kita untuk berinovasi serta memublikasikan inovasi kita tersebut,” tanggap Nur Asih, Guru Bahasa Indonesia.

Madrasah hebat dan bermartabat sebagai motivasi untuk mewujudkan madrasah yang berkualitas dan kompetitif dari lembaga pendidikan lainnya. Hebat diartikan pada peningkatan kualitas madrasah baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikannya. Semoga dengan workshop ini akan mengantarkan MTsN Surakarta semakin hebat bermartabat. (Diana/Duwi)

Alamat

Alamat : Jl. MT. Haryono No.24D Surakarta

Telp./Fax

(0271)713479

PPDB

PPDB