header-int

Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

Minggu, 15 Nov 2020, 18:13:17 WIB - 45 View
Share
Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

 

          Pandemi Covid-19 bukanlah halangan untuk terus berkarya dan berprestasi. Hal tersebut diterapkan oleh salah satu siswa MTsN 1Surakarta, Rifaldo Dafin Murtaja (9PK1).Setelah berhasil meraih medali emas dalam Kompetisi Olimpiade Matematika Pendidikan Agama Islam (KOMPI), Rifaldo kembali menorehkan prestasi.   Prestasi tersebut berupa capaian juara harapan 1 dalam ajang final Kompetisi Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris (MSI )XVII  Siswa SMP tingkat nasional yang diselenggarakan oleh SMA Taruna Nusantara. Kompetisi ini digelar secara daring dan luring.

            “Kompetisi ini dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu penyisihan, semifinal, dan final. Tahap penyisihan serta semi final dilakukan secara daring menggunakan software web model dan aplikasi visual zoom untuk pengawasan. Untuk babak penyisihan diikuti oleh 2006 peserta dari seluruh Indonesia. Saat babak penyisihan Rifaldo menduduki peringkat  17 dari 31 peserta yang berhak masuk ke semi final. Dari 31 peserta yang lolos semifinal diambil 5 peserta untuk melaju ke babak final. Alhamdulillah,  Rifaldo peringkat  5 dan berhak maju ke babak final,”jelas Umi Nurjanah, Tim Prestasi MTsN Surakarta 1.

            Final dilakasanakan secara langsung di SMA Taruna Nusantara Magelang pada 8 November 2020. “Kami, Tim Prestasi MTsN Surakarta 1 mengantarkan dan memberi support secara langsung ke Magelang. Rifaldo dan orang tuanya mengharapkan kami mendampingi final agar Rifaldo lebih termotivasi. Alhamdulillah, berkat doa, bimbingan, dan dukungan segenap civitas akademika MTsN Surakarta 1, kami bisa mengantarkan Rifaldo meraih juara harapan 1,”tutur Mihati Latifah, Tim Prestasi.

            Pelaksanaan final lomba MSI XVII ini digelar secara langsung di depan juri dan penonton dengan sistem cerdas cermat. “Tegang dan nervous sih ada, tapiada satu keyakinan yang membuat saya selalu termotivasi. Ingin mememberikan yang terbaik untuk orang tua dan madrasah tercinta. Saya juga selalu berdoa semoga ikhtiar yang saya lakukan mendapatkan hasil terbaik atas ridho Allah,“ tutur Rifaldo. “Terima kasih untuk bapak ibu guru pembimbing dan tim prestasi yang telah memberikan bimbingan dan support kepada putra kami. Terima kasih sudah mengantarkan Rifaldo ke Magelang. Padahal, bapak ibu guru sedang cuti bersama. Semoga Allah membalas kebaikan bapak ibu guru,“ucap orang tua Rifaldo.    

            Atas keberhasilannya dalam kompetisi ini, Rifaldo mendapat hadiah berupa uang pembinaan dan piagam. Selain itu, Aldo juga mendapatkan fasilitas bebas tes masuk SMA Taruna Nusantara bidang akademik melalui jalur prestasi. “Sungguh capaian yang luar biasa. Semoga capaian ini dapat terus ditingkatkan dan dapat memberi motivasi siswa MTsN Surakarta 1 untuk berprestasi. Pandemi Covid-19 ini bukanlah suatu halangan untuk terus berprestasi. Pandemi ini mengajarkan kita bahwa belajar bisa dari manapun. Kerjasama yang baik antaramadrasah, orang tua, dan guru juga sangat diperlukan untuk keberhasilan anak-anak kita. Terima kasih Rifaldo sudah membawa nama harum MTsN Surakarta 1di tingkat nasional. Semoga MTsN Surakarta 1 semakin menjadi madrasah hebat bermartabat,“ harap Kirno Suwanto. (Diana/Kristanti)

 

Alamat

Alamat : Jl. MT. Haryono No.24D Surakarta

Telp./Fax

(0271)713479

PPDB

PPDB