header-int

Selenggarakan KSMO MTsN Surakarta 1 Jaring Siswa Berprestasi

Senin, 28 Sep 2020, 13:28:46 WIB - 79 View
Share
Selenggarakan KSMO MTsN Surakarta 1 Jaring Siswa Berprestasi

Selenggarakan KSMO MTsN Surakarta 1 Jaring Siswa Berprestasi

            Surakarta- MTsN Surakarta 1 menggelar Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tingkat madrasah dengan tema “Kompetisi untuk Meraih Prestasi”. KSMO diselenggarakan Sabtu (26/11/20) dari pukul 08.00-14.00 secara bergelombang dan diikuti oleh siswa kelas 7,8, dan 9. Kompetisi ini dilaksanakan secara online atau daring dikarenakan saat ini siswa masih harus belajar di rumah. Meskipun dilakasanakan secara daring, tidak mengurangi antusiasme siswa MTsN Surakarta 1. Hal ini dapat dibuktikan dengan jumlah peserta yang mengikuti KSMO. Jumlah peserta mapel IPA terintegrasi 93 anak, IPS terintegrasi 72 anak, dan Matematika terintegrasi 125 anak.

            “KSMO tingkat madrasah ini digelar sebagai tindak lanjut atau persiapan akan adanya KSMO tingkat nasional yang akan digelar Kemenag Pusat pada bulan November. Pemenang KSMO tingkat madrasah akan dibimbing dan dipersiapkan untuk mengikuti KSMO tingkat nasional. Selain itu kami juga berharap dengan adanya KSMO tingkat madrasah memacu motivasi siswa MTsN Surakarta 1 untuk tetap berprestasi meskipun mereka sedang belajar di rumah,”jelas Mihati Latifah, Selaku Sie Prestasi MTsN Surakarta 1.

            “Kami (panitia) KSMO mengumumkan kegiatan ini melalui Whatsapp Grup (WaG) Dinas. Kemudian panitia meminta seluruh wali kelas menginformasikan KSMO ke WaG kelasnya masing-masing. Wali kelas tidak sekadar menginformasikan kegiatan KSMO saja, tetapi juga memotivasi siswanya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi wali kelas 7 atau siswa baru selain memotivasi juga memberikan penjelasan kepada siswanya. Hal ini dikarenakan kegiatan KSMO merupakan kegiatan baru untuk siswa kelas 7,”papar Joko Susilo, Ketua Panitia. “Perbedaan KSMO tingkat madrasah ini  dengan tahun-tahun sebelumnya terletak pada pelaksanaannya. KSMO tahun ini dilaksanakan secara online atau daring. Sebenarnya kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan mempunyai tujuan untuk menjaring siswa-siswa yang  berbakat untuk mengikuti KSM atau kompetisi yang lain. Kami berharap semoga siswa yang memenangkan KSMO ini benar-benar sesuai dengan kriteria yang kita harapkan. Kami berulangkali menginformasikan kepada siswa untuk mengedepankan nilai-nilai kejujuran dalam mengerjakan,”tambahnya.

            “Soal matematikanya lumayan sulit.Soal Matematika tetapi terintegrasi dengan materi agama. Ini pengalaman pertamaku ikut Kompetisi Sains,tanggap Maiza Maysara, Siswa 7PK1. “Soal-soal matematikanya lumayan menantang. Pengerjaannya perlu beberapa kali tahapan. Semoga hasilnya memuaskan,”harap Tyas, Siswa 9FD2. Berbeda dengan dua siswa sebelumnya,menurut Uways, Siswa 8PK2menyampaikanbahwa soalnya tidak terlau susah. Diapun lebih suka mengikuti kompetisi secara online, karena biasanya tidak ada soal isian hanya pilihan ganda saja.

            Kirno Suwanto sangat bersyukur, karena pelaksanaan KSMO berjalan lancar. “Alhamdulillahmeskipun dilaksanakan secara online semuanya berjalan sesuai harapan. Madrasah telah menyiapkan uang pembinaan dan piagam penghargaan untuk para pemenang KSMO. Saya berharap semoga para pemenang KSMO dapat meingkatkan prestasi  MTsN Surakarta 1 di tingkat provinsi sampai tingkat nasional,”harap Kirno, Kepala MTsN Surakarta 1. Hasil KSMO akan diumumkan pada Senin (28/09/2020) melalui online lewat WAG kelas, WEB, dan mediasosial MTsN Surakarta 1.

            Pemenang KSMO tingkat madrasah tahun 2020 untuk mapel IPA terintegrasi adalah: juara 1 Bilqis Salsabila (8PK1),juara 2Uways Abdul Hamid (8PK2), dan juara 3 Daniswara aryasuta Hariadi (7PK1). Mapel IPS Terintegrasi:  juara 1 Naila Jihan Putri  P (9PK1), juara 2 Narantika Vellany Maharani (8PK3),dan  juara 3 Dyah Ayu Cahyani (7A). Untuk mapel Matematika terintegrasi : juara 1 Elvira Olga Prashandani (7PK1), juara 2 Rivaldo Davin Murtaja (8PK1), dan juara 3 ada empatorang yaitu Mutia Aqila Azzahra (9B), Afyar Nur Azizah A (7A),Luqman Naim Syukur (8FD1), FanitaAisyah Putri (7PK2). Selamat untuk para pemenang semoga dapat membawa nama baik MTsN Surakarta 1.(Diana/Duwi)

           

           

Alamat

Alamat : Jl. MT. Haryono No.24D Surakarta

Telp./Fax

(0271)713479

PPDB

PPDB