header-int

Pilketos Daring Fasilitasi Hak Pilih Siswa

Senin, 28 Sep 2020, 13:27:01 WIB - 45 View
Share
Pilketos Daring Fasilitasi Hak Pilih Siswa

Pilketos Daring Fasilitasi Hak Pilih Siswa

            Surakarta-MTsN  Surakarta 1 menggelar Pilketos Daring pada Sabtu (19/09/2020) dari pukul 07.00-12.00 WIB. KegiatanrutinMTsN Surakarta 1 ini dilaksanakan melalui tautan google form yang didistribusikan di grupkelasmasing-masing. Hal ini dikarenakan seluruh siswa MTsN Surakarta 1 masih menjalanipembelajaran dari rumah secara daring atau online.Walaupun acara pemilihan ketua OSIS dilaksanakan secara daring, tetapi tidak menyurutkan semangat siswa MTsN Surakarta 1 untuk ikut dalam ajang demokrasi ini. Hal ini terbukti  dengan adanya 90% dari siswa madrasah mengikuti dan memberikan suaranya. 

Terdapat 3 pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS tahun ini. Ketiga pasangan tersebut adalah: kandidat pertama  Hayyunefin Ma’arij M.F (8PK2) dan Aliyah Khuzamah (8FD1) , kandidat kedua Nandana Atha Raditya (8PK2) dan Zaidatun Nadliroh (8 PK1), serta kandidat ketiga Syifaul Edsa Anazla(8PK4) dan Lathifa Nisa Fauzia(8PK2)

Pilketos MTsN Surakarta 1 bertujuan untuk menumbuhkan jiwa demokrasi dengan cara  memberikan suaranya pada salah satu calon ketua dan wakil ketua OSIS yang nantinya bisa meneruskan kepemimpinan organisasi OSIS periode berikutnya. Selain itu, juga untuk menyalurkan minat siswa untuk berorganisasi, meningkatkan kreativitas pengurus OSIS serta kaderisasi personil pengurus OSIS.

“Pendaftaran calon ketua dan wakil ketua OSIS melalui google form dari tanggal 27-30 Juli 2020. Ada 13 pendaftar dan mengikuti seleksi pada tanggal 28 Agustus 2020 dan diumumkan 30 Agustus 2020. Dari hasil seleksi tersebut terpilihlah 3 pasangan kandidat ketua dan wakil ketua. Ketiga pasangan tersebut diberi waktu untuk membuat visi misi dari tanggal 1-3 September 2020. Tanggal 10 September, Panitia Pilketos mengenalkan 3 kandidat beserta visi misi mereka melalui mediasosial MTsN Surakarta 1. Pilketos dan penghitungan suara dilakasanakan pada 19 September 2020. Hasil Pilketos diumumkan pada tanggal 22 September 2020 dan dimenangkan oleh kandidat nomor 1 dengan perolehan suara 299 atas nama Hayyunefin Ma’arij M.F (8PK2) dan Aliyah Khuzamah (8FD1),”jelas Fayola, Panitia Pilketos.

Pilketos tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan pada bulan Agustus namun karena adanya pandemi Covid-19 acara pilketos tahun ini diselenggarakan pada bulan September.Penyelenggara pilketos tahun ini adalah anggota OSIS tahun 2019/2020. “Hampir 80% dari anggota OSIS terlibat dalam penyelenggaraan Pilketos, mulai dari seleksi, penetapan, dan sosialisasi” ujar Joko Susilo selaku pembina OSIS MTsN Surakarta 1.Adapun Bapak ibu guru hanya mendampingi dan sebagai konselor serta mengambil alih bagian teknis (google form). Joko Susilo juga menambahkan bahwa tidak ada kendala yang berarti dalam acara pilketos online inisehinggasudah terselesaikan dengan baik. “Semoga ketua dan wakil ketua terpilih dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab,harap Joko Susilo.

Banyak siswa yang berasumsi bahwa pengadaan pilketos secara luring lebih seru karena ada beberapa acara penunjang lainnya seperti diadakannya bazar dan penampilan penampilan dari siswa Madrasah. “Tapi bagaimana lagi sekarang kita sedang berada dalam situasi pandemi covid, apabila kita melaksanakan pilketos secara luring dan kita berkumpul dalam satu tempat dalam keadaan pandemi,  bisa-bisa akan terjadi ada klaster penularan baru di MTSN Surakarta 1,”tutur Muhammad Zidane, Ketua Pilketos.(Diana/Duwi)

 

 

Alamat

Alamat : Jl. MT. Haryono No.24D Surakarta

Telp./Fax

(0271)713479

PPDB

PPDB