header-int

Peringatan HUT RI ke-75 Momentum untuk Bangkit

Selasa, 18 Agu 2020, 09:36:13 WIB - 104 View
Share
Peringatan HUT RI ke-75 Momentum untuk Bangkit

 Surakarta- “Urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg sanajan dengkul wis ndhredeg...,”tutur Kirno Suwanto saat membacakan sambutan pidato Gubernur Jawa Tengah pada upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020di halaman gedung 1 MTsN Surakarta 1. Upacarayang digelar pada Senin (17/08/2020) terasa sangat berbeda karena hanya diikuti oleh bapak ibu guru dan pegawai MTsN Surakarta 1 karena kondisi pandemi Covid-19.

 “Seberat apapun kehidupan yang kita hadapi. Termasuk kondisi di tengah pandemi sebagaimana yang kita rasakan sekarang ini. Dari keteguhan dan spirit hidup mbah Padmo itulah kita mesti bercermin,”lanjut Kirno membacakan sambutan tersebut. Seluruh guru dan pegawai MTsN Surakarta 1 mendengarkan dengan seksama. “Dari teks tersebut kita mendapatkan  nasehat bahwa manusia harus tetap bersemangat meski menghadapi masalah sebesar apapun,”ujar Rais Hidayat, Tim Kurikulum MTsN Surakarta 1 menanggapi isi dari amanat upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI hari ini.

Upacara tersebut digelar dengan menjalankan protokol kesehatan. Seluruhkomponenupacara, baik petugas maupun peserta upacara memakai masker dan tetap menjaga jarak serta dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin. Selain menggelar upacara, MTsN Surakarta 1 juga mengadakan beberapa lomba untuk memeriahkan HUT RI ke-75 ini. Lomba yang diadakan antara lain lomba badminton, lomba vlog untuk siswa dengan tema “Semangat Belajar Daring selama Pandemi”, lomba video pembelajaran daring untuk bapak ibu guru dengan tema “Semangat Mengajar Daring”, serta lomba memasak nasi goreng dan disajikan dalam bentuk tumpeng. Lomba masak nasi goreng merdeka dilaksanakan selepas upacara bendera.

“Kriteria penilaian lomba masak hari ini ada 4 yaitu rasa, kreativitas, penyajian, dan proses. Penilaian tertinggi ada pada rasa,jelas Sri Hartatik, salah satu jurilombamemasak. “Alhamdulillah semua enak, tapi pasti ada yang paling enak. Penyajiannya juga bagus, tapi karena ini lomba maka kita cari yang paling bagus,” tutur Isrohati, juri lomba masak.  Untuk lomba masak diikuti 8 kelompok yang terdiri dari gabungan beberapa guru mapel dan pegawai. “Dari lomba ini ternyata saya dapat banyak pengalaman bu. Belajar koordinasi dan kerja sama dengan tim, juga belajar bikin garnish bu. Saya mendapat tugas bikin garnish, padahal saya sebelumnya belum pernah bikin. Akhirnya, karena dapat tugas saya jadi cari tutorial bikin garnish dan berhasil,”ujar Meliana, salahsatupeserta lombamemasak.

Perayaan HUT RI di tengah pandemi tidak boleh menyurutkan semangat kita. Sebaliknya semangat untuk bebas dari pandemi Covid-19 harus kita gelorakandalammengisi Hari KemerdekaanRepublik Indonesia ke-75.Semoga pandemi ini segera berlalu,”harap Budi Santoso,selakuKetua Panitia Peringatan HUT RI ke-75 MTsN Surakarta 1. (Diana/Duwi).

Alamat

Alamat : Jl. MT. Haryono No.24D Surakarta

Telp./Fax

(0271)713479

PPDB

PPDB