header-int

MTs N Surakarta 1 PersiapkanPembelajaranTatap Muka

Jumat, 16 Okt 2020, 11:53:18 WIB - 36 View
Share
MTs N Surakarta 1 PersiapkanPembelajaranTatap Muka

MTs N Surakarta 1 PersiapkanPembelajaranTatap Muka

 Surakarta-Guna mempersiapkan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM)MTsN Surakarta 1 menggelar rapat dinas dan pembinaan dengan agenda pembahasan PTM, Asesmen Kompetensi Guru (AKG) dan Asesmen Kompetensi Kepala. Kegiatan tersebut digelar Kamis (15/10/2020) di lantai 3 gedung SBSN MTsN Surakarta 1. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.30 tersebut dihadiri oleh Plt Kankemenag Surakarta, Rosyid Ali Safitri, Pengawas Madrasah, Sri Hartati,  Kepala MTs Al Kahfi, dan Wakakur MTs Muhammadiyah

“MTsN Surakarta 1 ditunjuk sebagai pilot project bersama SMPN 4 dan SMP Al Azhar Syifa Budi untuk melaksanakan simulasi PTM. Simulasi PTM hanya diperuntukkan untuk siswa kelas 9. Oleh Karena itu, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan, salah satunya adalah pembuatan video PTM dengan menerapkan protokol kesehatan,”tutur Kirno Suwanto dalam sambutannya. “Adapun langkah yang sudah dilakukan oleh MTsN Surakarta 1 diantaranya membentuk satgas Covid, rapat koordinasi, dan mendata siswa yang diizinkan oleh orang tua untuk mengikuti PTM melalui Whatsapp Grup (WAG) oleh wali kelas,”lapor Kirno pada Rosyid. Selain melaporkan persiapan PTM, Kirno juga menyampaikan bahwa tidak seluruh bapak ibu guru bisa menghadiri rapat dinas tersebut. Hal itu disebabkan ada beberapa bapak ibu guru yang harus melaksanakan pembimbingan pada siswa yang sedang mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) .

“Alhamdulillah saya turut berbangga pada MTsN Surakarta 1 karena sudah melaksanakan ‘Sahabat Madrasah’ dengan mengundang MTs Al Kahfi dan MTs Muhammadiyah,”tutur Rosyid. “Sahabat Madrasah merupakan program Kakananwil Jateng yang menyinergikan antara madrasah potensial dengan madrasah berkembang sehingga bisa menjadi madrasah yang lebih baik. Dengan program ini diharapkan madrasah yang bersinergi dapat melaksanakan pengelolaan madrasah sebaik-baiknya untuk mencapai prestasi bersama,”tambah Rosyid. Selain hal di atas, Rosyid juga menyampaikan program Kakanwil yang lain yaitu “Majeng”. “Majeng merupakan singkatan dari M dari kata Moderat, Akuntabel, Jernih dan Ngayomi. Program ini mengajak seluru ASN di jajaran Kemenag Jateng untuk memajukan Kementerian Agama,”jelas Rosyid.

Pembahasan materi dalam rapat dinas dilanjutkan dengan sosialisasi AKG oleh Sri Hartati, Pengawas Madrasah.Uji coba AKG akan dilaksanakan tanggal 12-16 Oktober 2020 dan pelaksanaannya 2-6 November 2020. Dalam AKG yang dinilai adalah kompetensi guru. Hasil AKG tidah bepengaruh pada TPG maupun Tukin bapak ibu guru. Jadi bapak ibu guru tidak perlu takut. Setelah nilai AKG keluar akan diadakan pemetaan. Bapak ibu guru yang nilainya rendah akan diberikan PKB,”jelas Sri Hartati. Selain menjelaskan AKG, Sri Hartati juga menyampaikan cara menjadi seorang guru yang profesional. “Didiklah anak sesuai zamannya. Kita tidak biasa menerapkan pendidikan zaman dulu dengan zaman milenial. Maka seorang guru harus bisa mengikuti perkembangan zaman, tidak monoton dan selalu inovatif. Jadilah seorang guru yang kehadirannya selalu dirindukan oleh anak didiknya. Jika guru tidak datang, anak didiknya merasa kehilangan,”pesan Sri Hartati menutup materinya. (Diana/Duwi)

 

 

 

Alamat

Alamat : Jl. MT. Haryono No.24D Surakarta

Telp./Fax

(0271)713479

PPDB

PPDB