Dua Siswa MTsN Surakarta 1 Maju KSN tingkat Provinsi

Surakarta-Uways Abdul Hamid (9PK1) dan Azka Nur Jauhar (9PK1) adalah 2 siswa MTsN Surakarta 1 yang lolos Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahap 1 atau tingkat kota. Uways menduduki peringkat pertama untuk mapel IPA dan Azka peringkat ke-lima untuk mapel matematika. Keduanya berhak maju di tingkat provinsi setelah lolos tahap pertama yang dilaksanakan pada 14-15 September 2021 dengan system daring dengan cara mengunduh aplikasi KSN di playstore.

Sebelum pelaksanaan KSN, dilakukan simulasi dari Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud sebanyak 3 kali dari bulan Agustus sampai September.Untuk mapel IPS dan IPA dilaksanakan tanggal 14 September 2021 dan Matematika 15 September 2021. Hasil KSN tahap 1 diumumkan pada tanggal 23 September 2021 dan membuahkan capaian prestasi luar biasa yaitu, lolosnya 2 siswa MTsN Surakarta 1 untuk maju tingkat provinsi.

“Sebelum kami mengirimkan 3 siswa untuk maju KSN tahap 1 atau tingkat kota, Sie Prestasi mengadakan seleksi tingkat madrasah. Seleksi ini diikuti oleh siswa kelas 7,8, dan 9 sesuai dengan mapel pilihan siswa secara daring. Dari hasil seleksi dipilih 3 siswa dengan nilai tertinggi di setiap mapel IPA, IPS, dan Matematika. Siswa yang terpilih dibimbing secara daring dan luring oleh guru pembimbing,”jelas Mihati Latifah, Sie Prestasi.

“Alhamdulillah anak-anak sangat kooperatif dan semangat dalam mengikuti bimbingan. Baik bimbingan luring maupun daring. Mereka sangat bersemangat dalam menerima materi dan mempelajari hal-hal baru yang diberikan. Semangat untuk berkompetisi pun tidak diragukan. Hal inilah yang membuat pembimbing juga bersemangat dalam membimbing,”tutur Umi Nurjanah, Pembimbing KSN.

“Mengikuti lomba, kompetisi,dan olimpiade sudah merupakan hal yang biasa bagi saya bahkan tidak terhitung. Baik lomba dan kompetisi yang diikutkan dari madrasah maupun mandiri saya berusaha untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya. Mengikuti bimbingan dan latihan yang diberikan bapak ibu guru dengan baik adalah cara saya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan. Bagi saya setiap lomba merupakan ajang untuk mengasah kemampuan dan menambah wawasan baru. Alhamdulillah usaha tidak mengkhianati hasil, terima kasih bapak ibu guru atas bimbingannya. Mohon doanya semoga di tingkat provinsi mendapatkan hasil terbaik, “harap Uways, Pemenang KSN IPA.

“Selamat untuk Ananda berdua telas lolos di tahap 1 ini. Perjuangan masih belum berakhir .Ada tiga kunci sukses dunia akhirat yaitu ikhtiar, doa dan tawakal.  Ikhtiar dulu, berusaha, berjuang semaksimal mungkin. Jangan lupa berdoa, karena ikhtiar tanpa doa berarti melupakan hakikat bahwa manusia tidak berkuasa atas apapun kecuali izin Allah. Hal terakhir bertawakal atau berserah diri pada Allah. Jika Allah sudah berkehendak maka hal-hal yang sulit pun akan menjadi mudah. Semangat anak-anakku semoga Allah memberikan hasil terbaik, “nasihat Kirno, Kamad.(Diana/ Asih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here