– Kepala MTsN 1 Surakarta membuka kegiatan Masa Taaruf siswa Madrasah (Matsama) dalam apel pagi pada Senin (15/7/19). Matsama digelar dari tanggal 15-17 juli 2019. Tujuan kegiatan ini supaya siswa baru mengenal lingkungan madrasah baik sarana dan prasarana, guru dan pegawai, kegiatan serta prestasi yang sudah diraih oleh madrasah. “ Taaruf memiliki arti yang luas. Tidak hanya berkenalan dengan teman saja. Taaruf di sini dimaksudkan berkenalan dengan bapak ibu guru, dengan lingkungan madrasah serta berkenalan atau mengetahui program yang ada di madrasah, “ tutur Kirno Suwanto dalam sambutannya. Beliau juga berpesan pada peserta Matsama untuk mengikuti Matsama dengan baik sehingga dapat segera beradaptasi dengan lingkungan madrasah.

            Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 13.00. Materi yang diberikan yaitu pengenalan lingkungan madrasah, keagamaan, motivasi, tata karma siswa, PBB, wawasan kemadrasahan, cara belajar efektif  Mars MTsN 1, tata tertib. Hari Rabu atau hari terakhir pada kegiatan ini akan digelar parade ekskul sebelum Matsama ditutup.  Parade ekskul ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh peserta Matsama. Parade ekskul ini diharapkan dapat memberikan gambaran kegiatan ekskul yang ada di madrasah sehingga dapat menarik minat siswa baru untuk mengikutinya

Parade ekskul yang bertempat di halaman madrasah gedung . Parade ekskul dimulai dengan penampilan dari Paski MTsN 1 Surakarta yang disambut tepukan meriah oleh para siswa. Setelah itu, dilanjutkan ekskul PMR MTsN 1 Surakarta, PMR mempresentasikan tentang bahaya rokok dan menampilkan senam yang disambut baik seluruh peserta MATSAMA dan seluruh siswa MTsN 1 Surakarta. Setelah PMR,ekskul musik menunjukan bakatnya melalui nyanyian dan petikan gitar. Ada juga penampilan dari ekskul TS (Tapak Suci) menunjukan keunggulan tarung seninya. Pertunjukan terakhir berasal dari Tim Pramuka MTsN 1 Surakarta. PBB, menari, dan semaphore dance adalah pertunjukan dari Tim Pramuka MTsN Surakarta 1. Ada juga promosi ekskul jurnalistik, OSIS, dan PASKIBRA.

“MATSAMA nya bagus, menyenangkan, dan asyik. Harapan kedepannya bisa semakin lebih baik lagi. Parade ekskulnya juga oke. Ternyata ekskul MTsN 1 hebat-hebat. Paskidranska nya luar biasa, Pramatsa nya memukau dan punya sederet prestasi. Hadrah, Tapak Suci, ekskul musiknya juga bagus. Bingung saya mau milih apa, “ujar Uways Abdul Hamid, pemenang KSM  IPA 2018 sekaligus murid kelas 7PK1.

            Siswa kelas 7 sangat antusias mengikuti kegiatan Matsama ini. Kegiatan Matsama di MTsN 1 Surakarta 1 sangat jauh dari bullying atau penggunaan kekerasan dan ancaman. Semua kegiatan disusun dengan baik. Semua panitia dan pengisi materi dalam melayani dan menyampaikan materi dengan komunikatif. Anggota OSIS yang membantu jalannya kegiatan pun dalam pengawasan bapak ibu panitia. “ Tema Matsama tahun ini adalah Generasi Cerdas dan Berakhlakul Karimah.Kami sangat berharap siswa MTsN 1 Surakarta menjadi generasi yang cerdas dan juga memiliki akhlak yang baik dan terpuji. Dalam Matsama ini kita sangat menghindari bullying atau kekerasan dan penggojlokan. Selain itu kita juga membangun kepedulian peserta dengan mengadakan bakti sosial pada lingkungan sekitar. Panitia juga memberikan materi motivasi yang berbentuk dongeng, “ jelas Joko Susilo, Sie Acara.

Matsama ditutup pukul 13.00 di aula gedung 1 MTsN 1 Surakarta oleh Wakil Kepala Madarasah bidang Kesiswaan, Edi Hartanto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here