header-int

Direktur KSKK , Jangan Malu Menyebut Madrasah

Rabu, 29 Jul 2020, 13:05:33 WIB - 118 View
Share
Direktur KSKK , Jangan Malu Menyebut Madrasah

Surakarta- “Jangan malu menyebut nama Madrasah,” pinta Direktur KSKK, Dr. H. A. Umar, M.A. dalam kunjungannya di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 1, Sabtu(27/4). Hal tersebut beliau pesankan kepada segenap siswa madrasah ketika diwawancarai oleh tim jurnalis Majalah Mutiara, majalah siswa MTsN Surakarta 1. “Pertama, cintai dengan bangga memiliki madrasah, dengan tidak malu menyebut nama madrasah. Kedua, tunjukkan kecintaan terhadap madrasah dalam bentuk prestasi. Semua prestasi itu bagus, baik yang besar maupun yang kecil.” Demikianlah pesan selengkapnya Direktur KSKK.

Direktur KSKK sangat mengapresiasi keberadaan Majalah Mutiara sebagai salah satu media untuk mengembangkan minat dan bakat siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 1 dalam bidang jurnalistik dan fotografi. Direktur KSKK juga berkenan memberikan tanggapan terhadap tema “Disiplin itu Indah, Disiplin itu Mudah” yang diusung Majalah Mutiara untuk edisi berikutnya. “Disiplin itu bekal manusia menuju kesuksesan. Tidak ada orang sukses yang tidak disiplin, bahkan disiplin sendiri ada dalam Al-Quran Surat Al-‘Ashr yang bermakna disiplin waktu,” ungkap beliau.

Menurut Umar, pengembangan minat dan bakat siswa madrasah merupakan salah satu yang mendapat perhatian KSKK (Kurikulum Sarana dan Prasarana Kelembagaan dan Kesiswaan). Untuk mengembangkan minat dan bakat siswa madrasah dapat ditempuh dengan cara memanfaatkan media digital sebaik-baiknya. Tidak hanya mengembangkannya di dunia maya, tetapi juga di dunia nyata. Teknologi diibaratkan sebagai pisau, dapat menguntungkan sekaligus merugikan. Apabila digunakan dengan baik, akan menguntungkan diri sendiri. Sebaliknya, jika tidak digunakan dengan bijkasana, akan berakibat buruk terhadap diri sendiri. Baik buruknya teknologi bergantung kepada siapa yang menggunakan dan bagaimana pemanfaatannya.

“Untuk mengimbangi pola berpikir siswa, yang dibesarkan di era digital, agar dapat menggunakan teknologi dengan tepat, harus dibekali dengan fasilitas yang bagus. Selain itu, seorang siswa madrasah juga harus dibekali dengan kepribadian yang baik agar dapat menggunakan teknologi dengan positif. Kepribadian yang diharapkan adalah siswa dapat memiliki sifat yang jujur dan tanggung jawab,” imbuh Umar.

Kunjungan Direktur KSKK ke MTsN Surakarta 1 ini adalah yang kedua kalinya. Kunjungan beliau kali ini dalam rangka silaturahmi yang bersamaan dengan rangkaian kegiatan Bintek Madrasah Vokasi. Direktur KSKK berupaya mengembangkan minat siswa madrasah melalui kegiatan MYRES (Madrasah Young Researcher Super Camp). Kegiatan tersebut sebagai media tukar pikiran antar siswa dalam bidang riset maupun penelitian untuk mengembangkan keilmuan. Selain MYRES, KSKK juga mengupayakan kegiatan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) sebagai media keilmuan  sains.

Keberadaan direktorat KSKK madrasah bertujuan mengurusi pelaksaan kurikulum di madrasah. Selain itu, KSKK juga bertujuan memastikan bahwa madrasah memiliki fasilitas yang baik dan memastikan mekanisme regulasi berjalan dengan baik atau sesuai tata kelola.

Alamat

Alamat : Jl. MT. Haryono No.24D Surakarta

Telp./Fax

(0271)713479

PPDB

PPDB