header-int

Berkarya Dan Berprestasi Meski Di Rumah Saja

Rabu, 29 Jul 2020, 13:11:07 WIB - 164 View
Share
Berkarya Dan Berprestasi Meski Di Rumah Saja

MTsN Surakarta 1 (10/7) berbangga karena salah satu peserta didiknya, ananda Aura Nazhifa Salsabila meraih juara 1 dalam ajang Kiky Online Writing Competition. Lomba tersebut diadakan dalam rentang waktu 15 Juni – 30 Juni 2020 oleh salah satu perusahaan terkemuka sebagai produsen produk alat tulis, PT Solo Murni, atau biasa dikenal dengan Alat Tulis Kiky.

 

Gadis yang kerap disapa Aura ini berujar, kegiatan tersebut ditujukan bagi para siswa sekolah menengah, atau berusia minimal 13 tahun. Salah satu syarat diterimanya karya untuk dilombakan yaitu dengan mengikuti tema yang telah ditentukan bagi peserta kompetisi.

 

Tema dalam Kiky Online Writing Competition periode ini adalah, “Momen yang Membuat Aku Rindu Sekolah.” Tema ini sesuai dengan keadaan di mana seluruh sekolah dianjurkan untuk melaksanaan pembelajaran jarak jauh karena maraknya penyebaran virus Covid-19. Sehingga dalam tulisannya, peserta diminta untuk merefleksikan perasaannya melalui tulisan yang dikompetisikan dalam ajang ini.

Selain itu, dalam proses pembuatan hasil karya, peserta wajib menggunakan alat tulis keluaran PT Solo Murni. Peserta juga memerlukan akun instagram untuk mengunggah hasil karyanya. Akun tersebut tidak diperbolehkan untuk diatur privasi, agar panitia dapat menilai hasil karya peserta.

 

Kompetisi ini berlangsung beberapa tahapan. Tahap pertama dari seluruh peserta dikerucutkan menjadi delapan besar. Setelah itu dikerucutkan lagi menjadi enam besar hingga dipilih tiga besar untuk menjadi juara. Penilaian dan kriteria pemenang ditentukan oleh pihak Kiky selaku penyelenggara. Peserta hanya mengunggah foto diri bersama tulisan di akun instagram yang disertai dengan caption yang menarik.

 

Siswi yang gemar membaca dan tinggal di Wikarta, RT 1 RW 5, Singopuran, Kartasura ini merupakan siswi yang berasal dari 8 Tahfizul Qur’an (TQ).Selain gemar membaca, ia juga menjelaskan bahwa selama di rumah ia menekuni bahasa asing, seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Korea.

 

Awal mula Aura mengetahui kegiatan tersebut melalui informasi yang dibagikan oleh teman sang bunda, pada salah satu aplikasi berbalas pesan. Alasannya merambah kompetisi ini untuk  mengisi waktu luangnya. Meski Aura sempat ragu, namun optimisme terus ia bangun sejak mengikuti kompetisi ini. Aura terus semangat dalam berkarya, sehingga hasil yang didapat pun cukup memuaskan.

 

“Perasaanku waktu tau kalau aku juara, ya seneng banget. Enggak kepikiran juga kalau bisa juara, apalagi juara 1,” tutur Aura ketika kami wawancarai secara daring. Pada akhir wawancara, Aura berpesan untuk terus berkarya meskipun tidak bisa keluar rumah. Di rumah saja bukan berarti berhenti berkarya dan berprestasi. Di rumah saja memberikan kita waktu yang lebih banyak untuk belajar hal baru yang bermanfaat.“Tingkatkan kreativitas. Kejar cita-cita setinggi mungkin, dan jangan pernah berhenti bermimpi. Sukses terus buat temen-temen semua!” tutupnya. (Atha/Duwi).

Alamat

Alamat : Jl. MT. Haryono No.24D Surakarta

Telp./Fax

(0271)713479

PPDB

PPDB