header-int

AXION 3 Realisasikan Persatuan Dengan Budaya

Rabu, 29 Jul 2020, 13:09:01 WIB - 189 View
Share
AXION 3 Realisasikan Persatuan Dengan Budaya

MTs Negeri Surakarta 1 melaksanakan kegiatan pentas seni AXION tahun ke-3 pada hari Sabtu (04/01). AXION 3 merupakanpertunjukanseni yang dilakukansetiaptahundandipentaskansetiap kelas khusus  untuk siswa kelas 9. Batasan waktu pementasan sekitar 15 menit untuk setiap kelas. Tema yang diusung untuk tahun ini adalah keberagaman daerah.

Axion 3 ini juga termasuk realisasi dari pembelajaran seni budaya.Oleh sebab itu, kegiatan ini diaksanakan setiap tahun, agar anak tidak hanya paham materi saja, tetapi juga dapat mengaplikasikan dengan baik. Kendala yang didapatkan dalam persiapan pelaksanaan pementasan yaitu masalah dalam pengoordinasian antara pihak madrasah dan  pihak-pihak terkait lainnya. Beberapa sponsor dalam kegiatan ini antara lain dari FASCHO dan Planet Juice.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Arifin Nur Cahyo Seto dari kelas 9PK1 selaku ketua panitia. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Madrasah, Drs. H. Kirno Suwanto, M.Pd. Pengisi acara pertamaadalah dari PASKIDRASKA angkatan ke-5, kemudian dilanjutkan penampilan peserta pensi yang memberikan suguhan menarik. Seperti kelas9PK2 yang tampil pertama. Kelasinimemadukankisah Aladdin danJakaTarub dalam penampilannya. Dilanjutkan penampil kedua dari kelas 9PK3 yang membawakan kisah tentang  Lutung Kasarung. Peserta selanjutnyakelas 9FD2 dengan kisah yang mengandung nilai sejarah yaitu Ken Arok dan Ken Dedes. Kelas 9PK1 yang tampil selanjutnya penampilannya tak kalah memukau. Kelas ini menyuguhkan kisah perseteruan antara dua kerajaan.

 Penampilan peserta pensi jeda sejenak, diselingi pementasan dari PRAMATSA. Penampil berikutnya  dari kelas 9PK4 yang bercerita tentang kejadian di lorong waktu dengan empat tempat yang berbeda.Kelas 9B dengan kostumnya yang apik mengambil kisah tentang Ramayana, sementara kelas 9C menceritakan  kisah yang seolah tidak jauh dari penjajahan pada masa Belanda. Penampilan kelas 9TQ mengharu biru mengenang kepergian salah satu anggota kelasnya.

Peserta berikutnya memberi penampilan yang tidak kalah menariknya dengan para peserta sebelumnya. Kelas 9A menampilkan keberagaman tari-tarian Indonesia, dilanjutkan kelas 9D bercerita tentang peperangan.Diakhiri dengan penampilan kelas 9FD1 dengan kisah Andhe-Andhe Lumut.

“Menurutku, pensi tahun ini lebih menarik dari tahun sebelumnya. Persiapan untuk kelasku sendiri, bagian projeknya  sudah disiapkan dari dua bulan sebelumnya.Tetapi  untuk latihan yang serius hanya satu minggu. Manfaat yang aku dapatkan, kita jadi tambah semangat, solidaritas juga meningkat. Kendala yang kita alami, sulit membagi waktu di antara  waktu belajar dan liburan,” jelas Tegar Vania Salsabila dari kelas 9FD2.

“Pendapatku mengenai pensi AXION 3 kali ini seru, lebih bagus dari tahun kemarin. Kostumnya juga lebih unik. Pelajaran yang dapat aku ambil dari pensi tahun ini antara lain totalitas kebersamaan dan kekompakan,” ujar Pramita Ayu Widyawati siswi kelas 8B.

“Yang saya harapkan, semoga AXION tahun besok bisa lebih maksimal dari tahun ini. Lebih berlatih dan bisa bekerja sama lebih baik lagi agar lebih sukses,” tutur Rudi Setyawan, S.Pd., selaku tim guruSeniBudaya. (Duwi/Diana)

(Oleh :AideaFirda& Nisrina Khalisha 8PK1)

Alamat

Alamat : Jl. MT. Haryono No.24D Surakarta

Telp./Fax

(0271)713479

PPDB

PPDB